RESUME SISTEM BASIS DATA – 102 – M1

Resume Sistem Basis Data pertemuan 1

Di buat Oleh : CARAKA DIBYA DEWANGGA
NIM : 10410100064
Hari : kamis 16 - 02 - 2011
Pukul : 23.00

1. Nama / Profil Organisasi :Graha Amerta RSUD Dr. Soetomo
2. Alamat Organisasi :jalan airlangga no. 1 – 9, surabaya,jawa timur
                               Website : http://www.grahaamerta.com/
                                profil org:
Graha Amerta RSU Dr. Soetomo diresmikan sejak 27 Mei 2003  oleh Menteri Kesehatan RI yang merupakan Private Wings atau pelayanan Rawat Inap Utama dari RSU Dr. Soetomo. Seiring dengan kebutuhan pasien untuk mendapatkan perawatan pribadi oleh dokter spesialis, maka pada tahun 1970 dibuatkanlah sistem pelayanan paviliun.
Sistem ini semakin berkembang, dan Unit Pelaksana Fungsional mulai mengembangkan paviliun ini sesuai kebutuhan, seperti :
  • Paviliun Airlangga
  • Paviliun Anak
  • Paviliun Menular Anak
  • Paviliun Syaraf
  • Paviliun THT
  • Paviliun Bedah
  • Bapenkar
Atas dasar tersebut pada tahun 1996 dirintislah pembangunan Paviliun Rawat Utama oleh Direktur RSU dr Soetomo yang saat itu dijabat oleh  Prof. dr Muh. Dikman Angsar, SpOG.
Krisis ekonomi tahun 1997 menyebabkan kelangkaan pendanaan. Tahun 1998 / 1999 dan 2000 penyelesaian pondasi dilaksanakan. Pembangunan terus berlanjut hingga tahun 2003.
Dan sekarang sudah 2 tahun Graha Amerta beroperasi sejak diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI dan Gubernur Jawa Timur.
 
Pelayanan ini merupakan pengembangan dari beberapa paviliun yang ada di RSU Dr. Soetomo yang telah berdiri sejak lima belas tahun yang lalu, yang terdiri dari Paviliun Airlangga, Paviliun Anak, Paviliun Syaraf, dan lain-lain.
Graha Amerta didirikan untuk memenuhi tuntutan pasar yang menghendaki rumah sakit moderen, maju, mandiri, mempunyai alat - alat canggih dan lengkap sekaligus memberikan tempat para dokter spesialis dan sub spesialis yang jumlahnya 503 dokter (95% dr spesialis / sub spesialis di Surabaya) untuk merawat pasien pribadinya di RSU Dr. Soetomo. Sistem Pengelolaannya berdasarkan pada SK Gubernur Jawa Timur No 55/1998, sebagai Gedung Pelayanan Rawat Utama (Private Wings)  RS Kelas A Terbesar di Indonesia sekaligus merupakan pusat rujukan dan pendidikan tertinggi di Indonesia Timur milik Pemerintah Daerah Tingkat I Provinsi Jawa Timur.
Pengembangan Gedung Rawat Inap utama ini dimaksudkan pula sebagai wadah bagi para staf, karyawan yang masih ingin mendarmabaktikan kemampuan dan pengabdiannya pada institusi kesehatan  yang bisa dibanggakan.
Tujuan pembangunan Gedung Rawat Inap Utama / Paviliun RSU. Dr. Soetomo ini dapat dikategorikan menjadi tiga bagian :
  1. Tujuan keuangan :Memberikan hasil investasi yang layak dari hasil usaha rawat inap, rawat jalan, dan sarana penunjang lainnya guna menunjang kelangsungan dan kelancaran pelayanannya dalam perannya selaku rumah sakit umum daerah dan pusat rujukan untuk Kawasan Timur Indonesia.
  2. Tujuan sosial :Memberikan pelayan kesehatan nyaman dan memadai bagi masyarakat modern yang memerlukan fasilitas sesuai dengan   kemajuan dan kemampuan ekonominya.
  3. Ketenagakerjaan :Memberikan kesempatan bekerja bagi tenaga profesional dibidang pelayanan medis. Mendaya-gunakan secara maksimal tenaga ahli yang dimiliki oleh pemerintah yang selama ini terpaksa menyalurkan tenaga dan pikirannya ditempat lain karena institusi ini masih belum mampu menyediakan layanan kesehatan yang nyaman dan sesuai dengan tuntutan konsumen.    
    Jumlah Pegawai dan Klasifikasinya 

    JABATAN
    PNS
    Harian
    Jumlah
    MANAJER
    1
    0
    1
    KADIV
    3
    0
    3
    KASUBDIV
    9
    0
    9
    ADMINISTRASI
    20
    22
    42
    FRONT OFFICE
    2
    7
    9
    PERLENGKAPAN
    4
    1
    5
    IT
    0
    2
    2
    AHLI GIZI
    1
    2
    3
    REKAM MEDIK
    5
    0
    5
    RADIOGRAFER
    0
    4
    4
    KMD
    0
    1
    1
    BIDAN
    9
    2
    11
    PERAWAT
    82
    60
    142
    POS
    25
    0
    25
    HOUSE KEEPING
    13
    20
    33
    UPS
    4
    6
    10
    SECURITY
    14
    11
    25
    TRANSPORTER
    0
    3
    3
    DOORMAN
    0
    2
    2
    CUSTOMER SERVICE
    0
    1
    1
    TOTAL  :
    192
    144
    336
3. usaha utama : bidang kesehatan 
4. Jelaskan Proses Bisnis Organisasi (jelaskan masih manual atau sudah komputerisasi)?
                  menurut saya proses bisnis organisasi  bersifat semi komputerisasi berikut beberapa rincian alurnya yang akan sangat berhubungan dengan beberapa modul sistem informasi untuk rumah sakit .

Alur Pelayanan

               Struktur Organisasi 


Medical Service > Rawat Inap > Harga Askes/Non Askes

Jenis Kamar
Harga Non Askes
Harga Askes Gol. I-II-III
Harga Askes Gol. I-II-III
VVIP
Rp. 725.000,-
Rp. 620.000,-
Rp. 580.000,-
VIP
Rp. 500.000,-
Rp. 370.000,-
Rp. 330.000,-
Utama1
Rp. 350.000,-
Rp. 220.000,-
Rp. 180.000,-
Utama2
Rp. 250.000,-
Rp. 120.000,-
Rp. 80.000,-
Utama3
Rp. 150.000,-
Rp. 49.000,-
Rp. 49.000,-

  Untuk askes berlaku potongan :
  Golongan 1-3     :  utama 3: -100.000,-  untuk utama 2,1,vip,vvip : -130.000,-
  Golongan 4         :  -170.000,-
  
Reservasi Kamar

Waktu Pemesanan dan Konfirmasi
 
1.  Pemesanan Kamar dilakukan 1 hari sebelum tanggal MRS.
2.  Melakukan konfirmasi ulang setiap shift kepada Terdaftar sesuai poin nomor 1 diatas.
3. Batas waktu Terpesan untuk MRS maksimal jam 24.00 WIB pada tanggal MRS dengan atau tanpa konfirmasi.
4. Apabila poin nomor 3 diatas berlaku maka Terpesan harus mengulangi proses pemesanan kamar dari semula
 modul sistem informasi rumah sakit

Modul Invoice Jaminan

  • Invoice Gabungan untuk Perusahaan/Asuransi  dan Provider Per-Pasien atau perperiode  dan langsung tercatat di Piutang.
  • Pembuatan Invoice  koreksi/dummy tanpa mengubah Invoice Asli dengan menu khusus (Per-Pasien / Gabungan).
  • Cetak Ulang, Cetak Kwitansi dan Rincian  Invoice Gabungan.

Modul Billing/Kasir

  • Satu Registrasi bisa dibuat beberapa invoice dengan Jenis Transaksi yang bisa dipilih.
  • Satu Invoice dengan 2 Pembayar. (sebagian jaminan dan sebagian Cash).
  • Invoice Jaminan dibayar Cash tanpa menghapuskan hak (discount) dari penjamin.
  • Batal Invoice dan Backdated Invoice dengan Hak Khusus.

Modul Rekam Medis (Medical Record)

  • Menggunakan Standar ICD-10,ICD -9CM dan DTD
  • Input Tunggal per Nomer Medical record untuk semua kebutuhan Laporan MR
  • Laporan-Laporan Hospitals & DepKes

Modul Radiologi

  • Data dokter dan petugas Radiologi yang melakukan tindakan diinput untuk diperhitungkan pembagian jasanya (Satu Tindakan Multi operator).
  • Bahan /Film secara otomatis terhitung sesuai standar yang diset-up, dan dapat diinput kuantitas pemakaian sebenarnya.
  • Input dan Cetak Expertise.

Modul Farmasi

  • Multi Lokasi Farmasi.
  • Pengisian Stock secara otomatis berdasarkan set-up minimum.
  • Stock Opname per Rak tanpa harus menghentikan operasional.
  • Pembelian darurat tanpa PO

Modul Laboratorium

  • Fleksibilitas dalam pengisian Nilai Normal. Nilai Normal tertentu berupa rumus yang bisa edit.
  • Nilai Normal hasil pemeriksaan bisa diedit tanpa mempengaruhi nilai normal standar Hospital.
  • Flag rujukan untuk setiap jenis pemeriksaan.
  • Interface untuk diintegrasikan dengan LIS (Laboratorium Information System).

Modul Jasa Dokter

  • Setiap Dokter dapat dibuatkan rumus pembagian Pendapatan per jenis  Jasa/Tindakan atau berdasarkan Unitnya (RWJ,RWI,UGD,MCU) atau berdasarkan kelas rawat.
  • Rumus pembagian  bisa dibuat /diedit tanpa harus merubah program.(Teknologi Parsing).
  • Perhitungan Pendapatan Jasa rujukan dan Dokter Tim secara otomatis.
  • Tabel Slip jasa Dokter yang bisa didefinisikan tanpa merubah program.
  • Perhitungan pajak Dokter ,Dilengkapi tabel jasa/tindakan yang tidak kena Pajak

Modul Paket Rawat Jalan (RWJ)/Rawat Inap (RWI


  • Membuat berbagai macam Paket untuk RWJ dan RWI yang berisi Jasa/Tindakan,Obat,Lab dengan berbagai variasi discount. ( mis : Paket Melahirkan,Paket Katerisasi jantung,Paket Circumsisi dll)
  • Tiap Transaksi dengan Registrasi Paket akan divalidasi ke ISI Master Paket dan Otomatis akan ditambahkan di Tagihan Pasien jika tidak terdaftar / Terjadi kelebihan Jasa/Obat.
  • Batal Transaksi Paket , diubah menjadi Registrasi Biasa  Seluruh Transaksi otomatis Terupdate  menjadi Harga Normal

Modul Marketing

  • Manejemen kontrak, tiap perusahaan/asuransi dapat dibuatkan bermacam discount dan cakupan layanan yang dijamin untuk jasa/tindakan, lab, obat dan kamar. Discount bisa diberikan ke Pasien atau ke perusahaan/asuransi.
  • Sistem peringatan dini untuk setiap kode tindakan/jasa, obat/alkes, lab yang tidak ditanggung oleh penjamin (perusahaan/asuransi).
  • Membuat berbagai macam paket medical check-up untuk tiap perusahaan atau individu

Modul Rawat Inap

  • Manajement kamar/tempat tidur dengan status: Dipakai, Dipersiapkan, Terpakai
  • Flexibilitas dalam penentuan status kamar (misalnya: kamar kelas 1 dipakai sebagai kamar kelas 3)
  • Simulasi perhitungan rawat inap untuk yang berbeda dengan jaminan dan dapat di simulasikan tiap transaksi
  • Mark up jika mutasi dapat di tentukan untuk setiap tindakan
  • Backdated transaction dengan security log

Modul Perjanjian/Booking Appointment

  • Setiap dokter dapat ditentukan lama jam praktek per hari dan waktu/lamanya pemeriksaan per-pasien
  • Pengisian booking pasien per dokter sesuai waktu pemeriksaan atau secara berurutan
  • Auto registrasi pada saat pasien hadir
  • Otomatis menolak perjanjian jika dokter cuti
  • Mendukung pasien sisipan

Modul Registrasi Pasien

  • Satu nomor registrasi tunggal untuk satu pasien dengan multi layanan: Unit Gawat Darurat (UGD), Rawat Inap (RWI), dan Rawat Jalan (RWJ)
  • Satu nomor registrasi  untuk layanan multi poliklinik
  • Parameter untuk tarif biaya administrasi (sekali bayar, atau biaya admin dibebankan sekali dalam 1 hari).  Biaya admin UGD dan RWJ dapat dibedakan.
  • Nomor urut pasien per dokter dengan auto reset
  • Jasa dokter dapat dibebankan secara otomatis dan dapat dibuat berbeda untuk tiap dokter
  • Registrasi paket (fisioterapi), pasien tidak dikenakan admin dan jasa dokter.
dalam bagan alur  proses sederhana :
Arsitektur Sistem Informasi Rumah Sakit SMARTHIS
Pada diagram arsitektur tersebut arus informasi dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
  • Arus informasi medical (digambarkan pada diagram dengan garis warna biru)
  • Arus informasi keuangan (digambarkan pada diagram dengan garis warna merah)
  • Arus informasi logistik (digambarkan pada diagram dengan garis warna hijau)
 kesimpulan karena beberapa proses diatas harus melalui beberapa operator alias multioperator maka dikategorikan semi komputerisasi selain itu juga disebabkan banyaknya perbedaan kebutuhan pengunjung atau konsumen serta pula dikarenakan tahap pengobatan pada segi prosesnya dilakukan manual oleh dokter karena itu beberapa hal banyak yang duaruskan diisi atau dikerjakan secara manual.

5. Dalam Ranah Aplikasi Database termasuk kelompok yang mana ? Jelaskan mengapa !
  dalam ranah Enterprise Database karena Dalam satu perusahaan terdiri dari  satu database yang mencakup keseluruhan sistem dari seluruh departemen atau bisa di bilang saling terinegritas antara satu dengan yang lain. hal ini disebabkan karena kemungkinan prosedur yang menyebabkan pasien harus beberapa kali dianalisa sesuai kebutuhannya pada beberapa departemen berbeda yang membutuhkan rekap medis yang sama sesuai prosedur pada masing-masing pasien.

6. Jika anda diminta mengembangkan sistemnya, apa yang akan anda lakukan !
 karena dalam beberapa proses masih multioperator jika saya mampu saya akan mengembangkan sistem otomatisasi pengisian registrasi pada mesin dengan tampilan sederhana dan mudah dipahami dengan banyak sekali fitur bantuan yang memungkinkan pengguna mampu melakukan pengisian dengan benar  meskipun orang awam. yang nantinya akan ditempatkan pada setiap bagian yang sesuai dengan fungsi mesinnya .sehingga sampai proses antripun sudah teratur akurat dalam sistem operasi komputer tersebut.

7. Jika anda menggunakan literatur sebagai sumber jawaban, sertakan di halaman terakhir tentang Daftar Pustaka
 daftar pustaka/referensi:
http://www.sisteminformasirumahsakit.com
http://www.grahaamerta.com/